Cara Mengecat Interior Rumah part #2

Cara Mengecat Interior Rumah part #2

  1. Singkirkan perabot 

Betul sekali, kosongkan ruangan. Memindahkan semuanya begitu saja ke tengah ruangan masih kurang baik. Sewalah ruang penyimpanan dan luangkan satu hari untuk mengisinya. Sisakan meja dan benda-benda yang bisa Anda gunakan untuk meletakkan kaleng cat, semua benda yang lain harus disingkirkan.

  • Siapkan rumah 

Lakukan pembersihan dinding, pelepasan kertas dinding, penambalan lubang, pendempulan retakan, pembersihan noda, pengeringan dan peng-amplasan sebelum melakukan pengecatan. Sekarang juga waktunya untuk menggunakan selotip untuk pengecatan lis, meletakkan kain lap, dll. Anda juga bisa membeli cat pada waktu ini. Jangan menunggu sampai menit terakhir. Butuh beberapa jam untuk mencampur banyak kaleng cat dari semua warna yang Anda gunakan. Ingatlah bahwa lalu lintas di toko cat dan bahan bangunan di daerah Anda meningkat tiga kali lipat pada akhir pekan. Belilah pada hari kerja jika memungkinkan.

  • Buka jendela 

Ventilasi akan membantu pengeringan lebih cepat dan menjaga kesegaran udara untuk para pekerja. Jika debu atau partikel udara lain terlalu pekat, gunakan sistem ventilasi yang lain, bila perlu gunakan masker.

  • Gunakan cat dasar  

Warna gelap, noda (setelah ditutup), dan permukaan yang sebelumnya tidak dicat (dinding kering, dempul, dll.) akan memerlukan lapisan cat dasar, biasanya warna putih. CATATAN: sebagian besar toko cat & bahan bangunan sekarang akan memberikan cat dasar (gratis) untuk menyesuaikan dengan warna lapisan akhir, sehingga dua lapisan cat dasar tidak perlu diterapkan. Tidak semua permukaan membutuhkan lapisan cat dasar, tetapi jika Anda melewatkan langkah ini, risiko ada di tangan Anda! Warna gelap kemungkinan akan terlihat melalui lapisan cat pertama atau bahkan beberapa lapisan cat pertama.

Bahan penutup dan permukaan yang tidak dicat seperti dempul akan menyerap atau menghilangkan kelembapan pada lapisan atas dalam tingkat yang berbeda daripada area di sekelilingnya. Menerapkan lapisan cat dasar yang bagus akan membantu mengatasi perbedaan ini. Cat dasar menyamakan dinding sehingga memiliki permukaan yang seragam. Ini seperti menghapus kanvas sebelum menggambar gambar baru. Meskipun ada yang meragukan kegunaannya, biasanya Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk cat dasar atau membeli cat dasar khusus. Seember cat putih murah ukuran 25 liter biasanya akan berguna dan menutupi area yang luas. Keringkan cat dasar Anda setidaknya selama 24 jam (ikuti petunjuk) sebelum menerapkan lapitas atas.

Pemberian cat dasar harus dilakukan jika Anda mengecat di atas warna yang lebih gelap, atau pada dinding kering yang baru, tetapi ada baiknya menyertakan langkah ini sebelum melakukan pengecatan apa pun. Cat dasar diperlukan karena menghalangi penampakan noda apa pun. Langkah ini juga penting karena mencegah lecet dan pengelupasan cat dengan meningkatkan pelekatan cat. Terakhir, cat dasar berguna untuk memungkinkan penutupan lapisan tunggal sepenuhnya pada dinding. Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih baik, Anda bisa mewarnai cat dasar dengan warna dinding akhir yang Anda inginkan. Sebagian besar cat sekarang ini dilengkapi dengan cat dasar bawaan, tetapi cat dasar lama tetap merupakan pilihan yang lebih baik. Sebelum mulai mengecat, jangan lupa menggunakan selotip cat untuk menutupi kosen pintu, kosen jendela, dan setiap sakelar di dinding.

.

  • Mulai mengecat  

Mulailah terlebih dahulu dengan ruangan terbesar atau tersulit. Menundanya sampai akhir waktu akan membuat Anda gentar melakukannya. Baca Cara mengecat ruangan untuk mengetahui petunjuk tentang cara mengecat dinding dan ruangan secara khusus. Bacalah artikel pada web www.rajacat.id terkait di bawah ini untuk bantuan tambahan.

  • Menggunakan kuas siku berukuran 5 senti, mulailah dengan mengecat sudut dinding dan sekitar lis. Anda harus mengecat dengan batas setidaknya 5 atau 7,5 cm dari sudut, pintu, dan cetakan. Oleh karena rol cat tidak akan bisa mengecat sampai bagian tepi, kuas siku memastikan penyebaran cat merata pada dinding.
  • Gunakan rol untuk mengecat dinding sisanya. Metode yang baik digunakan adalah ‘metode W’. Anda memulai dengan mengecat huruf W besar seluas 1 meter persegi pada dinding. Kemudian, tanpa mengangkat rol, isilah huruf W tersebut. Anda bisa mengecat dinding bagian demi bagian, dan mengerjakan dinding satu per satu untuk mendapatkan hasil terbaik. Ada baiknya menggunakan gantar sambung untuk rol daripada berdiri di atas tangga. Pastikan gantar sambung maupun rol tidak memiliki pegangan dari plastik karena pegangan dari plastik itu lentur dan bisa menyulitkan Anda dalam mengendalikan pengecatan.
  • Selagi cat masih basah, lepaskan selotip cat dari dinding dan lis. Melepaskannya saat cat sudah kering bisa membuat cat mengelupas, dan membuat usaha Anda sia-sia.
  • Bersihkan 

Pastikan Anda membersihkan semua bahan dan membuangnya dengan aman.

  • Kerjakan lantai setelah dinding 

Jika Anda berencana mengubah lantai, lakukanlah setelah mengerjakan dinding. Anda akan membuat semua berantakan saat mengecat seluruh rumah. Jangan sampai karpet baru Anda terkena cat.

  • Hargailah pekerja Anda

Apalagi jika mereka adalah pekerja sukarelawan. Bersikaplah dermawan. Jika Anda tidak mau repot dalam hal ini bisa menghubungi ahlinya. Seperti www.rajacat.id

Untuk konsultasi tentang cat dapat menghubungi www.rajacat.id melalui email, WA ataupun aplikasi android, kami akan dengan senang hati melayani Anda dengan segenap hati.


email   rajacat.id@gmail.com
atau     0878 0575 1600

Sumber artikel : Wiki How

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Contact Us